Home Berita Jeritan Hati; Istri Kabur dari Rumah Kontrakan, dan Kini Tak Bisa Dipertahankan

Jeritan Hati; Istri Kabur dari Rumah Kontrakan, dan Kini Tak Bisa Dipertahankan

5 min read
Komentar Dinonaktifkan pada Jeritan Hati; Istri Kabur dari Rumah Kontrakan, dan Kini Tak Bisa Dipertahankan
3
8
Jeritan Hati;  Istri Kabur dari Rumah Kontrakan, dan Kini Tak Bisa Dipertahankan
Ilustrasi–

Impian mengarungi rumah tangga hingga usia senja gagal diraih pasangan R bersama Y. Faktor ekonomi memicu keributan. Merusak kebahagiaan. Berujung pada retaknya pernikahannya  yang baru seumur jagung. Di usia yang terbilang masih muda, pasangan ini harus bercerai. 

MAJELIS hakim Pengadilan Agama (PA) Baturaja telah memutuskan takdir cinta keduanya. R resmi menduda. Y pun berstatus janda. Keduanya sudah punya seorang anak gadis yang

imut, berusia 1,6 tahun. “Sudah tidak bisa dipertahankan lagi pernikahan kami,” kata R sedih. Dari mulut pria itu terungkap kalau dia menikah dengan mantan istrinya pada 2020. Namun

tak disangkanya bahtera rumah tangganya bakal karam dua tahun setelahnya.Mahligai rumah tangga yang diikat dengan janji suci sehidup semati itu pun kandas. 

Ceritanya bermula setelah menikah, R memboyong istrinya untuk ikut bersama dia ke Kota Bekasi. Merantau, mengadu nasib. Y awalnya dengan senang hati ikut pergi mendampingi.

Keduanya pergi meninggalkan Kota Baturaja untuk harapan dan penghidupan baru. Di sana, mereka mencoba untuk memulai hidup dengan tinggal di rumah kontrakan. 

Awal lancar. Namun tinggal di Kota dengan penghasilan tidak menentu, menjadi awal timbulnya benih-benih keributan dalam rumah tangga pasangan muda ini.

Terlebih setelah putri kecil mereka lahir. Kebutuhan meningkat. Tekanan ekonomi dirasakan makin berat. Hanya mengandalkan ijazah SMP, tidak banyak yang bisa dilakukan R.

Sedangkan sang istri, Y tidak bekerja. Kerja serabutan dilakukan pria ini untuk bisa menyambung hidup hari demi hari. Kadang bekerja sebagai buruh bangunan. Di lain waktu

dia bekerja menjual barang secara online. 

Semua dilakoni untuk bisa memenuhi kebutuhan hidup keluarga. Rupanya, Y mulai tidak tahan dengan kondisi itu. Sebagai wanita, dia ingin hidup lebih baik. Uang pemberian R dirasakan tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup rumah tangga mereka. Hal ini juga menjadi pemicu keributan. 

Cekcok mulut pun makin sering terjadi. “Pernah waktu ribut, istri ambil pisau dan mengacungkannya ke saya,” ungkap R. Puncaknya, 2021 tanpa pamit Y kabur dari kontrakan, pulang ke Baturaja. Y membawa serta buah hati mereka. Kembali ke rumah orang tuanya.

Karena saat itu masih kondisi pandemi Covid, ditambah dia butuh waktu untuk menenangkan diri, R belum menyusul Y. Baru setelah sekitar tujuh bulan  kemudian, dia berupaya untuk

berdamai dan menjemput Y. Tapi angan-angannya mental. Meski sudah diajak dan dibujuk untuk kembali bersama, Y tetap tidak mau. Karena merasa bertepuk sebelah tangan, R pun pasrah. “Saya berpikir, lebih baik mengakhiri pernikahan kami karena memang tidak bisa bersama lagi,” imbuhnya.

R lalu mengajukan cerai talak kepada istrinya sekitar sebulan yang lalu. Dia didampingi advokat Faik Rahimi SH MH, mendaftarkan perceraian itu ke PA Baturaja. Meski sudah diupayakan untuk rujuk, tapi tidak tercapai kesepakatan antara R dan Y. Akhirnya, pengadilan memutus perkara tersebut.

Advokat Faik Rahimi SH MH mengatakan, ada beberapa putusan pengadilan untuk perkara kliennya itu. Pertama, karena anak R dan Y masih berusia di bawah 12 tahun, maka hak asuh diberikan kepada Y. “Kecuali untuk usia anak sudah di atas 12 tahun, anak bisa memilih untuk ikut siapa diantara ayah atau ibunya,” ujar dia. Kedua, kliennya R wajib memberikan nafkah Iddah yang diberikan selama 3 bulan kepada Y. Diberikan sesuai kemampuan.

Lalu memberikan nafkah Mut’ah yakni semacam hadiah yang diberikan R kepada mantan istri. Biasanya ini juga berdasarkan kemampuan. Juga kewajiban untuk memberikan nafkah kepada anak. Ini juga dilakukan sesuai kemampuan bapak kepada anaknya tersebut. (bis)

  • Polres Minta Bantuan Polda Buru Tahanan Kabur

    Eko Sumaryanto. foto: agustriawan sumeks.co SUMEKS.CO, LAHAT – Tahanan Polsek Tanjung…
Load More Related Articles
Load More By admin
Load More In Berita
Comments are closed.