Home Berita BPS Siapkan Sensus Pertanian

BPS Siapkan Sensus Pertanian

3 min read
Komentar Dinonaktifkan pada BPS Siapkan Sensus Pertanian
2
13
Zulkipli. foto: m naba anwar sumeks.co

SUMEKS.CO, PALEMBANG – Badan Pusat Statistik (BPS) dalam waktu dekat akan merealisasikan program Sensus Pertanian bagi seluruh petani dan usaha pertanian guna mempermudah pendataan jumlah serta karakteristik rumah tangga serta perusahaan di sektor pertanian di seluruh Indonesia.

Kepala BPS Sumsel, Zulkipli mengatakan bahwa saat ini pihaknya sedang menunggu keputusan dari BPS Pusat dalam persiapannya melakukan pendataan wilayah kerja statistik berupa GeoTagging tentang tutupan lahan dan GeoTagging tentang batasan kawasan sebagai dasar Sensus pertanian 2023.

“Kemungkinan akan mulai dilakukan pada bulan Mei atau Juni di tahun depan, karena saat ini sedang dilakukan konsolidasi dan pendataan wilayah dari BPS masing-masing wilayah,” kata Zulkipli, Rabu (23/3).

Pada Sensus Pertanian yang akan dilakukan, Zulkipli menyampaikan akan ada sedikitnya dua fokus kerja yang dilakukan yakni karakteristik rumah tangga dan perusahaan pertanian dan yang kedua mendata rumah tangga pertanian.

“Dari pendataan itu nantinya akan diketahui berapa banyak usaha rumah tangga pertanian dan berapa banyak perusahaan yang melakukan usaha di sektor pertanian,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepada BPS Pusat, Margo Yuwono juga menjelaskan dalam realisasinya BPS telah melakukan kerja sama dengan beberapa kementerian terkait semua data kementerian lembaga yang ada sebagai rujukan awal.

“Harapan kami dengan adanya sensus pertanian data itu bisa digunakan dengan kementerian lembaga yang lain untuk menuju satu data Indonesia di sektor pertanian,” jelasnya beberapa waktu lalu.

Dikatakannya bahwa Sensus Pertanian akan dilakukan dengan cakupan yang sangat luas dari seluruh sektor seperti di tanaman bahan panganan, perikanan, perkebunan dan lainnya dalam lingkup sektor pertanian.

“Dengan ini nanti akan diketahui jenis dan jumlah populasinya, karena kami akan mendata populasinya yang dilakukan oleh perusahaan pertanian skala besar seperti kelapa sawit dan rumah tangga pertanian misalnya palawija dan yang lainnya,” katanya.

Lanjutnya, Sensus Pertanian, dapat digunakan sebagai rancangan atau desain bagi pemerintah dalam menciptakan kedaulatan pangan di Indonesia melalui sektor pertanian dalam arti luas.

“Yang kami pikirkan adalah bagaimana kebijakan yang dibuat nantinya bisa mensejahterakan petani di Indonesia,”

Dia berharap yang juga menerangkan dari data tersebut pemerintah bisa menggunakannya dalam program subsidi pupuk.

“Jadi subsidi pupuk akan kita rapikan kalau kita sudah punya data rumah tangga pertanian, supaya bantuan bisa langsung menyentuh petani,” tukasnya. (mg01)

Load More Related Articles
Load More By admin
Load More In Berita
Comments are closed.