Home Berita Gempa Sumbar Terasa Sampai Malaysia dan Singapura, Pemicunya ?

Gempa Sumbar Terasa Sampai Malaysia dan Singapura, Pemicunya ?

2 min read
Komentar Dinonaktifkan pada Gempa Sumbar Terasa Sampai Malaysia dan Singapura, Pemicunya ?
2
21
Gempa di Sumbar porak- porandakan bangunan. Padeks.

SUMEKS.CO- Gempa berkekuatan 6.2 magnitudo mengguncang Sumbar, pukul  08:39 WIB, tepatnya berlokasi di 17 km Timur Laut Pasaman Barat pada kedalaman 10 km, Jumat (25/2/2022).

Informasi BMKG, gempa dirasakan V MMI di Pasaman, IV MMI di Agam, Bukitttinggi, Padangpanjang, III MMI di Padang, Payakumbuh, AekGodang, Gunung Sitoli, II MMI di  Pesisir Selatan, Rantau Parapat, Nias Selatan, Bangkinang, Malaysia dan Singapura.

“Iya, gempa terasa sangat kuat. Ini lagi mau jalan jemput anak di sekolah. Anak sekolahnya di lantai dua pula” ujar wartawan Padang Ekspres Rohimuddin, Jumat (25/2/2022).

Koordinator Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Daryono menyebutkan, gempa kuat ini didahului gempa 5,2 magnitudo berselang 4 menit diduga dipicu Sesar Besar Sumatra dengan mekanisme geser menganan (strike slip dextral).

Gempa kerak dangkal tersebut, katanya, dipicu oleh aktivitas Sesar Besar Sumatra tepatnya pada Segmen Angkola bagian selatan, diperkirakan berpotensi destruktif/kerusakan.

“Gempa M6,2 ini jenisnya gempa kerak dangkal atau shallow crustal earthquake yang dipicu aktivitas sesar aktif (active fault),” jelas Daryono di akun Twitternya.

Dia juga mengungkapkan bahwa dalam catatan sejarah gempa di wilayah gempa M6,2 saat ini pernah dilanda gempa merusak beberapa kali seperti yang terjadi pada tahun 1822, 1892, 1926 Mag.7,0 dan 1971 Mag.6,1,” jelas Daryono.(esg/padek)

Load More Related Articles
Load More By admin
Load More In Berita
Comments are closed.