Home Berita Berbuat Baiklah Pada Alam

Berbuat Baiklah Pada Alam

3 min read
Komentar Dinonaktifkan pada Berbuat Baiklah Pada Alam
4
20
Rosyidin Hasan memukul gong tanda dibukanya lokakarya lahan untuk kehidupan ICRAF dan Canada Global, Rabu (2/2) di The Zuri Hotel Palembang. foto: dendi romi sumeks.co

SUMEKS.CO, PALEMBANG – International Center for Research in Agroforestry (ICRAF) bekerja sama dengan Canada Global menggelar lokakarya Lahan untuk Kehidupan di ballroom The Zuri Hotel Palembang, Rabu (2/2). Lokakarya dibuka Asisten I Setda Pemprov Sumsel Dr H Rosyidin Hasan yang mewakili Gubernur H Herman Deru.

Dalam sambutannya, Rosyidin Hasan mengatakan bahwa lahan gambut sangat produktif. Banyak petani yang bergantung pada lahan tersebut. Karena itu jika terjadi kebakaran pada lahan gambut harus dipulihkan.

“Berbuat baiklah pada alam. Jika kita baik pada alam, alam akan memberi manfaat pada kita,” kata Rosyidin.

Dalam Islam, lanjut Rosyidin, seseorang yang membebani orang lain, berdosa. Beberapa tahun lalu, lahan gambut di Sumsel terbakar dan asapnya mengganggu provinsi, bahkan negara tetangga. Kejadian tersebut jangan sampai terulang. Karena membebani orang lain.

“Ya jelas berdosa,” imbuhnya.

Kepala Bappeda Sumsel Dr Ir Firmansyah MSc dalam sambutannya mengatakan bahwa perubahan iklim yang terjadi telah menyebabkan dampak bagi masyarakat. Khususnya petani dan perampuan yang menggantungkan hidupnya dengan bertani. Karena itu, harus disikapi dengan bijak. Apa yang dilakukan ICRAF dengan meneliti dampak perubahan iklim bagi masyarakat, sesuai dengan visi misi Pemprov Sumsel dan RPJM 2019-2023.

“Perubahan iklim telah membawa dampak pada mobilitas barang dan jasa serta mobilitas penduduk,” ujar mantan Sekda Banyuasin ini.

Ada tiga pembicara dalam lokakarya. Yakni Direktur ICRAF Indonesia Dr Sonya Dewi, Noor Afianto dari Bappenas, dan Dr Dewi Meidalima SP MSi dari Forum DAS.

Noor Afianto menyatakan bahwa lahan sangat bermanfaat bagi kehidupan. Karena itu, alam jangan dirusak. Masyarakat butuh pangan dari alam. “Alamlah yang memenuhi kebutuhan pangan masyarakat,” tukasnya. (dom)

Load More Related Articles
Load More By admin
Load More In Berita
Comments are closed.