Home Berita Divisi Pemasyarakatan Kanwil Sidak ke Lapas, Temukan Benda ini…

Divisi Pemasyarakatan Kanwil Sidak ke Lapas, Temukan Benda ini…

3 min read
Komentar Dinonaktifkan pada Divisi Pemasyarakatan Kanwil Sidak ke Lapas, Temukan Benda ini…
2
5
Sidak Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkum dan HAM Sumsel ke Lapas Kelas IIB Kayuagung, Senin (21/3). foto: istimewa

SUMEKS.CO, KAYUAGUNG – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumsel dari Divisi Pemasyarakatan melakukan monitor dan evaluasi (Monev) ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Kayuagung, Senin (21/3).

Dalam kegiatan monev tersebut, tim keamanan melakukan pengecekan terkait sarpras keamanan Lapas. Yakni apakah masih berfungsi dengan baik dan apakah sudah sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP).

Tim Monev Pembinaan melakukan pengecekan terkait administrasi berkas fisik hingga pengadministrasian yang terdapat pada aplikasi Sistem Data Base Pemasyarakatan (SDP) guna memastikan dan keakuratan data yang ada, tidak hanya sampai disitu tim juga melakukan monitoring pada klinik dan dapur serta mengecek sarana dan prasarana yang ada di bimker .

Kepala Lapas Kelas IIB Kayuagung Reza Meidiansyah mengatakan bahwa sidak yang dilakukan Tim Monev Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkum dan HAM ke Lapas tak hanya mengecek admisnitrasi. Tetapi juga dengan menyisir bagian Blok dan kamar hunian warga binaan pemasyarakatan (WBP) yang terletak di Blok C dan D.

“Kasubbid Pengelolaan Benda Sitaan, Barang Rampasan Negara dan Keamanan, Tri Purnomo sidak dengan menyisir bagian Blok dan kamar hunian WBP yang terletak di Blok C dan Blok D,” kata Reza.

Dikatakannya, dari sidak blok hunian warga binaan, tidak ditemukan benda terlarang seperti handphone, narkoba serta senjata tajam. “Hanya beberapa benda berupa kawat gantungan pakaian, korek gas, sendok stainless, alat cukur, dan piring keramik,” ujarnya.

Reza menjelaskan, adapun tujuan sidak yang dilakukan adalah sebagai langkah untuk deteksi dini serta meminimalisir risiko gangguan Kamtib di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan khususnya Lapas Kelas IIB Kayuagung.

Turut mendampingi sidak Kasubbid Pengelolaan Benda Sitaan, Barang Rampasan Negara dan Keamanan Tri Purnomo, Kasubbid Bimbingan dan Pengentasan Anak Indra Gunawan, serta Kasubbid Pembinaan, Teknologi Informasi dan Kerjasama, Hernika Andriani.

Hernika Andriani menghimbau untuk mengusulkan berbagai sarana dan prasarana penunjang agar program pembinaan yang direncanakan dapat berjalan sebagaimana mestinya. (ril/nis)

Load More Related Articles
Load More By admin
Load More In Berita
Comments are closed.