Home Berita Anugerah CEO SMK, Program Cetak Kepala Sekolah Terbaik

Anugerah CEO SMK, Program Cetak Kepala Sekolah Terbaik

6 min read
Komentar Dinonaktifkan pada Anugerah CEO SMK, Program Cetak Kepala Sekolah Terbaik
2
14

JAKARTA – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia memberikan apresiasi pendidikan vokasi melalui program Anugerah CEO SMK Tahun 2021. Program ini bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada Kepala SMK yang telah berhasil mengimplementasikan konsep leadership, manajerial, enterpreneurship, dan kecakapan digital.

Program ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi Kepala SMK dalam memajukan pendidikan vokasi serta diharapkan mampu memberi efek imbas kepada Kepala SMK lainnya untuk berprestasi dan berkinerja lebih baik.
Plt. Direktur Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri mengatakan bahwa “Peserta program Anugerah CEO SMK ini merupakan peserta dari program yang telah dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, yaitu (1) Peserta program Peningkatan Kapabilitas Manajerial Berbasis Industri tahun 2020 yang dilaksanakan oleh beberapa universitas seperti Universitas Indonesia, Institut Pertanian Bogor, dll. 2) Peserta program Peningkatan Kompetensi Kepemimpinan dan Kewirausahaan bagi Kepala SMK (Mini MBA) tahun 2020 yang dilaksanakan oleh Universitas Indonesia; (3) Peserta program SMK Cakap Digital dari SMK pelaksana Program SMK Pusat Keunggulan tahun 2021”. Proses Seleksi untuk memilih peserta sampai dengan tahap final ini dilaksanakan oleh Perguruan Tinggi pelaksana program Peningkatan Kapabilitas Manajerial Berbasis Industri, Dyandra Academy, dan CEO dari Dunia Usaha dan Dunia Industri.

Sebelumnya memang Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi sebagai lembaga yang bertugas untuk mengembangkan dan membina pendidikan vokasi di Indonesia, isu peningkatan kualitas Pendidikan vokasi untuk menyiapkan sumber daya manusia yang kompeten dan siap kerja menjadi isu yang menjadi pembahasan hangat, hal ini seiring dengan program prioritas pemerintah Indonesia yang saat ini juga menempatkan pembangunan SDM sebagai prioritas pembangunan nasional.

Lalu, program Peningkatan Kapabilitas Manajerial Berbasis Industri ini sudah dilaksanakan sejak tahun 2020 lalu melalui kerja sama antara Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi bersama dengan 5 Perguruan Tinggi yang telah memiliki pengalaman dalam mendidik dan menjadi mentor dari para CEO atau calon – calon Entrepreneur dan memiliki reputasi yang baik ditingkat Nasional maupun Internasional.

Dilain pihak, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Wikan Sakarinto mengatakan bahwa tantangan perkembangan dunia kerja sudah sangat cepat, apabila kita tidak adaptif dalam pemahaman tersebut nantinya kita akan tertinggal semakin jauh. Ini tentu saja diperlukan perubahan paradigma dalam ekosistem pendidikan di SMK khususnya, agar peserta didik dapat merasa nyaman dalam proses belajar untuk mengembangkan kompetensi dirinya. Maka dari itu diperlukan sebuah terobosan-terobosan program terkait dengan pengembangan kompetensi utamanya dalam pengelolaan satuan pendidikan vokasi yang selaras dengan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri.

Acara Apresiasi penganugerahan CEO SMK ini menjadi momen yang sangat baik bagi para Kepala SMK yang telah membuktikan dedikasi dan konsistensi mereka dalam menerapkan dan mengimplementasikan apa yang sudah diberikan saat mengikuti diklat sehingga benar-benar memberikan dampak yang signifikan terhadap sekolah dan masyarakat sekitar.

Para finalis yang telah berhasil lolos sampai ketahap final ini dihadapkan pada juri yang berasal dari CEO dari Dunia Usaha dan Dunia Industri, untuk mendapatkan insight dan pandangan yang nyata seorang CEO SMK apabila dilihat dari kacamata seorang CEO Industri. Ini tentunya akan memberikan masukan yang sangat bagus bagi pengembangan SMK kedepan, dan tentunya ini akan menjadi pintu masuk baru untuk dapat berkolaborasi antara SMK dengan CEO Industri itu secara langsung.

Terakhir,berharap para kepala SMK memposisikan diri sebagai Chief Executive Officer (CEO), Kepala SMK, kata Wikan, memiliki sejumlah tanggung jawab yang harus dipenuhi layaknya seorang CEO. Kalau kepala SMK kan somehow harus menjadi CEO. Tidak hanya akademik tapi harus bertanggung jawab untuk link and match.

Bertanggung jawab juga untuk menyalurkan harus menjadi manajer dari carrier center. Tanggung jawab pada teaching factory,” tutup Wikan. (DOD)

Load More Related Articles
Load More By admin
Load More In Berita
Comments are closed.